Kreatif Bareng Saila

Kreatif Bareng Saila

Kreatif..? Setuju nggak gaes, kalo aku bilang kreatif itu keren?

ayo kreatif
jadi kreatif itu keren

Serius nih.. buat jadi orang yang kreatif itu, selain karena emang bawaan dari lahirnya, juga jadi hasil latihan lho gaes..! Iya, kreatifitas bisa dilatih kok! Jadi gak ada alasan lagi buat kalian bilang “GUE KAN NGGAK KREATIF.. JADINYA GAK BISA!”

Yang namanya kreatifitas, itu sangat bisa dilatih.. tergantung dari kitanya mau apa nggak. Soalnya, menurut Matt Richtel , yang merupakan seorang penulis dari The New York Times, yang namanya kreatifitas itu, bisa distimulasi dengan menggunakan berbagai macam tipe latihan. Mulai dari latihan fisik, sampe latihan spiritual..

Nah kira-kira latihan kayak gimana sih yang dimaksud sama Bang Matt ini?

  • Yang Pertama adalah MEMBERI PERMISI : “Lho.. kok memberi permisi?!” Iya, maksudnya adalah memberikan permisi kepada imajinasi, pemikiran dan mimpi kita untuk ‘berkegiatan’ di dalam kepala. Mencoba mendengarkan apa yang mereka coba bilang sama kita, dan mencoba untuk menuangkannya ke dalam apapun bentuk fisik yang bisa kita buat.
  • Kedua, COBA CARI INSPIRASI DARI MUSIK : iya, musik itu penting loh! Ada sebagian orang yang bilang kalau mereka gak bisa hidup tanpa musik. Kedengeran lebay? Tapi ya itulah.. kenyataannya, memang musik jadi bagian penting dari kehidupan kita. Ada yang gak bisa tidur kalo gak pake musik, ada yang gak bisa tenang kalo gak denger musik, bahkan ada yang gak bisa kerja kalo gak denger musik. Musiknya sendiri macem-macem.. gak harus musik tertentu. Yang penting, itu bisa bikin nyaman aja. Makanya.. jangan heran kalo kita bisa dapet banyak inspirasi kalo lagi denger musik.
  • Ketiga, JAUHKAN DIRI DARI PERASAAN PUAS : perasaan puas emang bagus.. tapi puas yang berlebihan, apalagi perasaan puas atas sesuatu yang belum terbukti pencapaiannya, itu bahaya. Perasaan itu bisa menghalangi improvement yang seharusnya bisa dicapai. Misalkan kamu bikin sesuatu, ketika kamu puas, maka selesailah itu! Tapi kalo kamu ngerasa nggak puas, yang ada kamu bakal terus mencari kekurangannya dan coba menyempurnakannya dengan segala macam usaha.
  • Selanjutnya adalah TIDUR SIANG : tidur siang bukan berarti tanda kalo kamu males. Iya kalo tidur siangnya dari jam 12 sampe jam 5 sore.. tapi tidur siang yang dimaksud di sini adalah tidur yang rentang waktunya cuma 20-30 menit. Selain punya manfaat kesehatan, tidur siang juga bisa memberikan manfaat psikologis. Menurut penelitian yang dituliskan di sleepfoundation, tidur siang bisa menimbulkan kewaspadaan, meningkatkan performa, dan mengurangi kesalahan serta kecelakaan. Tidur siang bisa menimbulkan relaksasi. Ketika otak kita rileks, maka kita bisa berfikir dan berkreasi dalam level yang jauh lebih tinggi ketimbang saat pikiran kita terbebani oleh hal-hal tertentu. Statement ini juga diiyain sama Dr. Michael Rich, yang notabene adalah Direktur Pusat Media dan Kesehatan Anak di Boston, AS, yang bilang kalo tidur siang itu mengandung dua kegiatan : downtime dan tidur itu sendiri. Downtime artinya tidur, tapi buat otak.. sementara tidur itu buat tubuh. Jadi membiarkan otak ‘tidur’ itu sama kayak memberi kesempatan otak untuk istirahat.. biar ketika bangun bisa bekerja lagi dengan lebih maksimal.
  • Yang terakhir adalh BERSOSIALISASI : ya dong..! Dengan bersosialisasi, maka kita bisa dapet wawasan baru, perspektif baru, update baru dan lain-lain. Hal itu yang kemudian bisa memicu kita untuk memikirkan sesuatu yang baru, yang mungkin belum pernah kita pikirkan sebelumnya.

Sebenernya selain beberapa poin di atas, masih ada lagi hal lain yang bisa ningkatin kreatifitas kita.. cuma daripada jadi bingung karena kebanyakan, mending kita coba aja yang bisa dicoba dulu.

Gimana? Udah tertantang untuk jadi kreatif?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *