Salah Kaprah, Emang Podcast Adanya Di Youtube?

Salah Kaprah, Emang Podcast Adanya Di Youtube?

Seiring majunya jaman, pemikiran orang juga semakin digital-oriented. Inovasi teknologi yang mampu nyiptain pangsa pasarnya sendiri, bisa ngedrive audience buat bisa nerima sesuatu – bahkan yang gak mereka ngerti.. tapi sebenernya dipaksa buat ngerti. Dari situ, akhirnya banyak yang salah kaprah.

Salah ke-salah kaprah-an itu bisa ditemuin pada penggunaan istilah podcast.
Kenapa podcast? Apa yang salah dengan podcast?

Bukan podcastnya yang salah..!
Yang salah itu sebagian audience (bahkan pelakunya) yang nganggap kalo podcast itu bentuknya video. Udah jelas jelas namanya aja podcast, yang kata Wikipedia merupakan singkatan dari iPod + broadcast. Bentuknya file audio yang disebarin sama podcaster, terus bisa didengerin sama orang! Bukan video yang ada di youtube!

Kadang suka gedek sih kalo ada yang bilang podcast itu video ngobrol yang banyak berserakan di kanal-kanal youtube – termasuk kanal para artis. Helloo..! Video podcast itu berlaku, seandainya dia jadi semacam dokumentasi visual sewaktu podcasternya ngetake audio di studio. Kayak punyanya Box2Box Indonesia, yang merupakan dokumentasi visual dari konten yang mereka bikin buat akun Soundcloud atau Spotify-nya mereka. Video dokumentasinya itu, kemudian diupload di youtube. Jadi podcastnya itu yang ada di Sc atau Spotify, bukan yang di youtube.

Tapi gapapa.. yang namanya manusia emang sumber kesalahan. Wajar kalo masih banyak yang salah kaprah, kalo video ngobrol yang muncul di youtube tanpa ada versi audionya di Sc atau di Spotify dibilang sebagai podcast. Padahal itu mah namanya talkshow..!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *